Cara Promosi di Facebook yang Efektif

Cara Promosi di Facebook yang Efektif

Bagaimana cara memaksimalkan akun Fb personal, sebagai media yang membantu bisnis kita. kita akan belajar banyak hal tentang semua materi yang dibutuhkan untuk promosi di Fb.

Karena materinya banyak, maka kita akan pelajari secara bertahap ya.
Dan di materi pertama ini Saya mau kuatin mindset teman-teman dulu tentang promosi di Fb personal ini.

Sudah tau kan apa itu mindset?


Sederhananya mindset adalah pola pikir.


Banyak orang hebat setuju bahwa yang namanya sukses itu lebih dipengaruhi oleh mindset.
80% mindset barulah 20% sisanya adalah hal-hal teknis.

Begitulah, cara kita berfikir itu akan mempengaruhi keberhasilan kita.
Kalau kita punya mindset yang tepat, maka hasil yang kita akan dapatkan insyaAllah juga ikutan tepat. ๐Ÿ˜Š
Tapi sebaliknya, kalau cara berfikirnya salah, maka hasilnya juga akan ikut salah. ☹️

Rahasia banyak orang berhasil adalah mindsetnya.
Mereka punya cara berfikir yang memang "berbeda" dibanding kebanyakan orang, sehingga suksesnya juga jadi diatas rata-rata.

Dan ternyata, hal yang sama juga berlaku untuk promosi di Fb lho.
Mereka yang berhasil menyulap Fbnya jadi media promosi yang powerfull karena mindsetnya benar. 

Kebalikannya juga begitu.
Sebanyak apapun strategi Fb yang kita pelajari, kalau mindset kita belum tepat, maka selama itu juga hasil jualan di Fbnya juga gitu-gitu aja. 

Nah pastinya teman-teman ikut kelas ini karena ingin hasil yang luar biasa kan?
Karena itu sebelum kita membahas hal-hal yang sifatnya teknis, kita bahas dulu tentang mindset ya.

Untuk mendapatkan mindset yang tepat, salah satu yang perlu dilakukan adalah dengan menambah informasi.
Karena itu, dalam rangka membuat mindset teman-teman kuat, maka Saya akan memberikan informasi ke teman-teman. ๐Ÿ˜‰

Informasi yang pertama adalah faktanya, Fb itu sangat potensial.


Karena kita pengusaha atau menjual sesuatu, kita bicara tentang angka ya.

Jadi data dari similarweb menyebutkan bahwa di Indonesia Fb itu dikunjungi sampai 644.800.000 kali dalam sebulan lho.

644 juta itu lebih dari setengah miliar.
Dan ini angka yang besar banget. ๐Ÿ˜ฑ

Selain itu, hasil laporan dari We Are Social 2020 juga menyebutkan bahwa 82% pengguna sosmed di Indonesia itu menggunakan Facebook.


Kalau jumlah pengguna sosmed adalah 160 juta orang, maka jumlah pengguna Facebooknya adalah 130 juta orang.

Nah sekarang bandingkan dengan target penjualan teman-teman.

Berapa jumlah pembeli yang teman-teman targetkan dalam sebulan? 

  • 100 pembeli?
  • 1.000 pembeli?
  • 10.000 pembeli?


Yang manapun itu, angka-angkanya semua jauh banget dari 130.000.000
Iya kan? ๐Ÿ˜†

Dari data-data ini kami membuat kesimpulan bahwa ๐Ÿ‘‡
Fb itu seperti Mall besar dan bisnis kita itu seperti kios-kios dalam Mall tersebut

Dengan angka sebanyak itu, seharusnya bisnis yang jualan di Fb gak akan kekurangan pembeli. ๐Ÿ‘

Selain karena potensinya, kami juga merekomendasikan siapapun yang pertama kali belajar jualan online untuk belajar cara promosi di Fb.
Kenapa?

Jawabannya karena pada dasarnya jualan di Fb itu mudah. ๐Ÿ˜†
Siapapun sebenarnya bisa melakukannya.
Terlebih lagi, jualan di Fb lewat akun personal itu gratis.
Gak perlu keluar uang untuk iklan, hehe. ๐Ÿ˜

Cara jualan ini disebut dengan cara organic.
Hanya bermodal akun gratisan, tapi sudah bisa dapat pelanggan.
Hehe

Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah Fb benar-benar potensial untuk semua bisnis?

Untuk menjawab itu, silahkan tanyakan balik.
Kira-kira target pasarnya teman-teman pakai Fb gak?

Kalau target pasarnya pakai Fb, artinya ada peluang besar dapat pembeli lewat Fb.
Apalagi, kalau ada pemain yang jual produk mirip terbukti berhasil jualan di Fb.
Kalau ada yang begitu, itu adalah tanda bahwa kita sebenarnya punya kesempatan yang sama. ๐Ÿ˜Š

Jadi begitu ya.

Keuntungan promosi di Fb adalah

✅ Gak kekurangan pembeli
✅ Mudah dan
✅ Kalau ada yang berhasil, artinya Fb potensial banget.

Lantas kalau segitu hebatnya, kenapa masih ada yang sulit dapat pembeli di Fb? ๐Ÿค”

Setiap posting status tentang jualan, komennya selalu sepi, yang respon sedikit bahkan jarang ada.
Kenapa bisa begitu?

Nah, yang ini catat ya teman-teman. ๐Ÿ‘‡

Hanya karena potensial, bukan berarti cara pakainya sembarangan.

Banyak orang kesulitan dapat pembeli di Fb karena SALAH STRATEGI bahkan gak pakai strategi.

Mereka yang salah, setiap hari hanya posting barang dagangan doang.
Menawarkan dan menawarkan, itu aja yang dilakukan. ๐Ÿ˜

Padahal, cara promosi di Fb yang benar BUKAN SEPERTI ITU.

Lalu cara yang benar seperti apa??

Nah, ini catatan penting ya.

Cara benar jualan di Facebook Personal adalah Menjaga Engagment sebaik mungkin


Apa itu engagement?


Penjelasan sederhananya, Engagement adalah hubungan kita dengan teman-teman Fb atau follower kita.
Nah engagament inilah yang harus kita jaga karena akan mempengaruhi hasil jualan di Fb.

Sayangnya, menjaga engagement ini gak dilakukan banyak orang.

Teman-teman pahami ya.
Jadi jualan di Fb personal itu bukan sekedar menawarkan produk menarik, bukan sekedar teman banyak, bukan sekedar rutin posting status jualan, tapi jualan di Fb personal yang benar adalah dengan menjaga engagement sebaik mungkin.

Kenapa?

Karena di Fb ada EDGERANK.


Apa itu edgerank?


Edgerank adalah sistem yang mengurutkan kedekatan tiap-tiap akun.

Akun-akun yang dinilai dekat, maka postingannya akan diprioritaskan muncul.
Semakin dekat artinya semakin sering muncul postingannya.

Kalau gak dekat memang kenapa?
Kalau gak dekat, maka postingannya akan TENGGELAM !! ๐Ÿ˜ฑ

Contohnya seperti ini ya. ๐Ÿ‘‡


  • A berteman dengan B dan C di Fb.
  • A dan B dinilai dekat oleh pihak Fb.
  • Sedangkan A dan C dinilai gak dekat.

Apa yang terjadi dengan engagament seperti ini?

Setiap A posting, postingannya muncul di Fbnya B, tapi tidak muncul di Fbnya C.

Nah inilah yang sebenarnya terjadi.

Sebagai bukti ada Edgerank, coba teman-teman buka Facebooknya.
Saya yakin dari seluruh teman Fbnya, pasti yang muncul itu-itu aja.
Padahal teman-teman yang lainnya juga aktif lho.

Disinilah tantangan dalam jualan di Fb.
Kita harus bisa jaga engagement supaya postingan kita muncul di banyak teman-teman dan follower kita. ๐Ÿคซ

Kalau engagement bagus, maka postingannya akan lebih sering muncul.
Kalau postingannya lebih sering muncul, maka akan ada banyak yang lihat postingannya
Dan kalau banyak yang lihat postingannya, jadinya lebih mudah promosi deh. ๐Ÿ˜Š
Bisa ditangkap ya?

Kesimpulannya,

Kalau mau hasilnya laris manis, kita gak bisa sembarangan jualan di Fb. ๐Ÿ˜…
Sebelum jualan, kita harus mengakali edgerank ini.
Alias kita harus menjaga engagement dengan teman-teman dan follower kita.

Lalu caranya bagaimana?

Supaya Engagament Fb kita bagus?

Caranya dengan ini ya ๐Ÿ‘‡

Buat teman-teman Facebook sering interaksi di beranda kita dan kita juga interaksi di beranda mereka.

Ya, konsepnya sesimple itu.

Dan untuk bisa melakukan itu, kita perlu strategi.

Jadi kita akali edgerank dengan cara utak utik tampilan Fb kita, temannya, statusnya, iklannya, sampai dengan cara promosinya. ๐Ÿ˜
Dengan begitu maka engagament Fb kita akan bagus, dan ujungnya postingan kita akan lebih sering muncul di Fbnya orang lain,

Tentang prinsip jualan yang benar di Fb ini sudah dipahami kan teman-teman?

Pokoknya harus jaga engagement.

Jadi supaya nanti materi ini berdampak, maka Saya akan memberikan rambu-rambu alias larangan yang jangan sampai dilakukan kalau teman-teman promosi di Fb personal.

Ya, JANGAN PERNAH MELAKUKAN HAL-HAL INI atau strategi promosi teman-teman di Fb akan sia-sia. ๐Ÿ˜”

"Emang apa aja yang gak boleh dilakukan?"

Yang pertama yang gak boleh sama sekali dilakukan adalah asal mengisi teman Fbnya


Pada dasarnya ketika kita jualan di Fb personal, maka kita sedang promosi ke teman-teman Fb yang kita miliki.
Ya, bukan ke orang lain, tapi seputaran teman Fb atau follower doang.

Nah kalau teman-teman Fbnya asal, disitulah masalah utamanya. ๐Ÿ™„

Teman-teman Fb kita adalah orang-orang yang akan membaca status kita, yang akan like status kita, yang akan komen status kita, dan yang akan merespon status kita.
Nah, kalau itu gak tertarget alias asal-asalan, ya hasilnya gak bagus dong.

Karena itu isilah teman Fb hanya dengan target pasar kalau mau hasilnya maksimal.
Target pasar adalah orang-orang yang minat dengan penawaran kita, yang mungkin membeli produk kita, dan punya kemampuan membayar.

Kalau isi teman-temannya asal, mereka gak akan menyimak status kita, mereka akan cuek dengan postingan kita.
Akibatnya, jumlah teman kelihatan banyak, padahal gak potensial isinya.

Bisa dipahami ya?

Untuk mendapatkan teman-teman yang sesuai target pasar, nanti akan di bahas di materi lain.

Intinya itu larangan pertama ya.

Kemudian, yang dilarang kedua adalah Posting status sembarangan


Kenapa ini juga dilarang?? ๐Ÿค”

Ingat ya, tugas kita adalah menjaga engagement.
Sekali lagi, jaga engagement.
Dan salah satu caranya adalah dengan membuat teman-teman Fb interaksi dengan status-status kita.

Nah, kalau isi postingannya asal-asalan.
Emang siapa yang mau like atau komen postingannya?? ๐Ÿ˜…

Dalam islam ada istilah zuhud.
Yang artinya adalah meninggalkan semua hal yang gak penting untuk kebutuhan akhirat.

Ternyata, konsep zuhud juga bisa dipakai untuk promosi di Fb.
Yaitu gak perlu posting kalau memang gak penting untuk bisnis kita. ๐Ÿ™‚

Jujur saja, salah satu masalah orang-orang jaman sekarang adalah "cari perhatian" atau "mudah meluapkan emosi tanpa adab".
Akhirnya, curhat sembarangan deh di sosmed.
Fb jadi tempat sampah.
Padahal belum tentu pihak yang bersangkutan baca postingannya, hehe ๐Ÿ˜†

Nah, ini salah total. Kenapa?

Bayangkan deh.
Kalau ada yang pagi posting marah-marah, eh siangnya posting dagangan, malamnya, curhat lagi.
Nyambung gak?
Gimana tuh bisnisnya?
Pasti gak nyambung juga hasil jualannya. ๐Ÿ˜ฌ

Karena itu, kita pakai konsep zuhud.
Kalau gak perlu buat bisnis, gak usah di posting di Fb.
Sip?

Dan sekarang kita masuk ke larangan yang ketiga.Yaitu jarang interaksi


Interaksi di Fb itu mudahnya like, komen, respon, dan lain-lain.

Nah gak cuma teman-teman Fb yang interaksi ke kita.
Kita ternyata perlu juga interaksi dengan mereka.

Mereka like status kita, kita juga perlu like status mereka.
Mereka komen status kita, kita juga perlu komen status mereka. ๐Ÿคซ
Buat apa?

Dengan saling like, maka Fb akan menilai bahwa akun tersebut saling dekat.
Jadinya engagement terjaga deh.

Jadi larangan ketiga adalah interaksi gak boleh jarang. ๐Ÿ™‚


Sudah 3 larangan, sekarang masuk ke larangan ke 4.

Hal yang dilarang jika promosi di Fb adalah Isi postingan hanya jualan

Ya, tiap posting cuma promosi aja.
Nah ini jangan dilakukan. ๐Ÿ˜ฌ

Kita memang pakai Fb untuk promosi, tapi caranya bukan promosi setiap saat ya.

Kalau kita promo setiap saat, kita akan di cap tukang jualan.
Nah kira-kira kalau sudah di cap tukang jualan, engagementnya bagus gak? ๐Ÿค”

Pasti gak bagus dong, karena itu jangan hanya posting jualan, dan jangan jualan setiap waktu.
Bisa ya?

Dan larangan terakhir adalah Menunda


Saya pernah katakan bahwa jualan di Fb mudah, tapi bukan berarti tanpa usaha ya. ๐Ÿ™‚

Jualan di Fb butuh konsisten dan jujur saja orang yang paling jauh dari jualan laris manis di Fb adalah mereka yang menunda. ☹️

Nunda praktik, nunda melakukan yang mereka tau, nunda yang bisa mereka lakukan dan sejenisnya.

Kalau menunda 1 kali, maka akan mudah menunda kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya.

Nah kalau sudah kebiasaan nunda apa yang kira-kira terjadi?
Ya makin jauh dari target. ๐Ÿ˜”

Saya percaya sebagian besar yang ikut di kelas ini paling enggak sudah pernah belajar materi tentang jualan di Fb.

Tapi kenapa koq ada aja yang belum maksimal hasilnya?

Jawabannya mungkin karena kurang konsisten ๐Ÿ™

Punya follower puluhan ribu,
Dapat Like tiap status ratusan,
Bisa closing banyak dari Fb,
Pada mau gak?

Kalau mau, maka harus sadar kalau itu bukan kerja 1 malam.

Mungkin itu semua tercapai dalam waktu sebulan, mungkin 2 bulan, mungkin 3 bulan, atau bahkan mungkin lebih lama.
Tapi gak papa, dilakukan aja.

Siapa tau kerja keras berbulan-bulan, manfaatnya bisa dirasakan sampai bertahun-tahun.
Dimana kalau menunda, maka akan semakin lama dapat hasilnya.

Jadi itu ya yang dilarang untuk dilakukan ketika promosi di Fb.

  1. Temannya asal
  2. Asal Posting status
  3. Jarang interaksi
  4. Hanya jualan, dan
  5. Menunda-nunda


Kalau ini bisa gak dilanggar dan melakukan sesuai materi, insyaAllah nanti akan merasakan betapa gurihnya Fb, hehe.
InsyaAllah ๐Ÿ˜Š

Dan sebaliknya juga berlaku.
Kalau ini dilanggar, jangan tanya ya kenapa koq hasilnya jauh dari harapan.
Jawabannya karena rambu-rambunya aja ditabrak, hehe ๐Ÿ˜ต

Nah, mungkin ada pertanyaan seperti ini.

"Bagaimana kalau Saya sudah melakukan semua larangannya?"

Kalau memang sudah melakukan 5 larangan dan sekarang hasil jualan Fbnya kurang bagus, Saya sarankan untuk buat akun Fb baru.

Ya, kita mulai dari nol aja.

Fb seperti kendaraan untuk mencapai sesuatu.
Nah, kalau kendaraan mogok tengah jalan, jangan sentimen.
Ganti aja kendaraannya daripada gak nyampai-nyampai tujuan.
Benar gak?

Tau kan caranya buat akun baru?


Pertama buat email yang berbeda dulu.

Cara buat email, pergi ke google, search google sign up.

Ingat, yang perlu buat akun hanya yang melakukan kesalahan dan hasil jualan di Fbnya kurang.
Jadi syaratnya dua.

Kalau cuma melakukan kesalahan, tapi hasil jualannya masih bagus, gak perlu
Dan kalau hasil jualannya jelek, tapi gak merasa melakukan kesalahan, ya gak perlu juga, tinggal diikuti aja materi KFH.
Oke? ๐Ÿ˜Š

Harus 2 syarat untuk yang buat akun baru.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar